Hilal Tidak Terlihat di Negara Arab Saudi, Mesir dan Qatar

Arab Saudi, Mesir dan Qatar mengumumkan bahwa hari pertama yang menjadi awal dari bulan suci Ramadhan 1434 H adalah hari Rabu.

Komite, telah mengumumkan rukyatul hilal melalui Departemen Wakaf dan Urusan Islam di Qatar bahwa hari Selasa menjadi penyempuarnaan terhadap bulan Sya’ban 1434 H dan hari Rabu 10 Juli 2013 menjadi hari pertama bulan suci Ramadhan 1434 H.

Di Arab Saudi, Mahkamah Tinggi menyatakan tidak menerima adanya laporan kesaksian rukyatul hilal pada Senin sore.

Sehingga, kerajaan Arab Saudi secara resmi mengumumkan bahwa hari Selasa menjadi penyempurna 30 hari dari bulan Sya’ban. Sementara hari Rabu merupakan awal dari bulan suci Ramadhan 1434 H.

Di propinsi Al Hariq dan Hawtah Sudair hilal tidak dapat dilihat, daerah tersebut merupakan daerah yang dikenal sebagai tempat penelitian penampakan hilal di Saudi.

Sementara itu, sebagaimana diumumkan Darul Ifta Mesir, bahwa hari Selasa menjadi penyempurna bulan Sya’ban dan hari Rabu menjadi awal Ramadhan 1434 H.

Mufti Mesir, Syauqi Alam mengatakan bahwa Komisi Syariah dan Ilmiyah Darul Ifta telah melakukan pengamatan hilal Ramadhan hingga setelah terbenamnya matahari pada hari Senin, namun tidak melihat hilal. Penelitian tersebut juga sesuai dengan rukyat falakiyah. Oleh karena itu, hari Selasa menjadi penyempurna bulan Sya’ban dan hari Rabu menjadi awal Ramadhan pada tahun ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Assalamu'alaikum, saudaraku seiman sebaiknya bila berkomentar memakai kalimat baku Bahasa Indonesia juga dengan sopan.