Pengertian-Pengertian Perangkat Komputer

1. AGP: sebuah port grafik berkecepatann tinggi yang menghubungkan video card (kartu grafis) denggan memori.
2. ATA: merupakan spesifikasi untuk IDE Drive yang menghubungkan antara motherboard dan harddisk drive, CD-ROM, DVD-ROM.
3. BIOS: sebuah program (software antara muka) tingkat rendah yang berfungsi mengontrol hardware yang terpasang pada komputer.
4. BLUE RAY: sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital termasuk video divisi tinggi.
5. BOOT: proses pemasukkkan arus listrik ke dalam peralatan komputer, sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan pengguna.
6. BRAINWARE: setiap orang yang terlibat dalam pemanfaatan (sistem pengolahan data)
7. BROWSER: software alat untuk menjelajah internet
8. BYTE: ukuran data/memori terkecil
9. CACHE MEMORY: tempat penyimpanan data sementara
10.CARTRIDGE: sebuah kemasan yang dapat dipindahkan yang memuat sejumlah magnetic disk atau optic dapat disisipkan ke dalam slot PC, printer atau komponen hardware yang lain
11. CD/DVD-ROM:sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif
12. CHATTING: chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.
13. CPU:  CPU, singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Prosesor sering digunakan untuk menyebut CPU pada umumnya. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.
14. CRT: CATHODE RAY TUBE (CRT)Tabung sinar katoda (CRT) adalah tabung hampa yang berisi senapan elektron (sumber elektron)dan sebuah layar fluorescent, dengan internal atau eksternal sarana untuk mempercepat danmembelokkan berkas elektron, yang digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk cahayayang dipancarkan dari neon laya
15. DEADPIXEL:  adalah titik pixel yang tidak mampu bekerja dengan sempurna. Biasanya dikarenakan partikel solid di dalam liquid-crystal tidak bekerja dengan sempurna. Kemungkinannya hanya dua, jika rusak dalam keadaan on (berwarna putih terang) atau dalam keadaan off (selalu gelap).
16. DIRECT X: DirectX itu adalah Aplication Programming Interfaces yang berfungsi mengizinkan aplikasi, seperti game, untuk “berbicara” dengan hardware. Pengertian lain dari DirectX adalah kumpulan API untuk menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia khususnya permainan komputer dalam sistem operasi Microsoft Windows. DirectX merupakan gabungan dari Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, dan DirectSound. DirectX SDK dapat diperoleh secara cuma-cuma dari Microsoft.
17. DISKET: Cakram liuk atau disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.
Cakram liuk "dibaca" dan "ditulis" menggunakan kandar cakram liuk (floppy disk drive, FDD). Kapasitas cakram liuk yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada cakram liuk), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.
18. DISTORSI: Distorsi adalah perangkat elektronik yang mengubah bagaimana sebuah alat musik atau sumber audio lainnya ( efek ) yang digunakan pada gitar listrik, bass listrik, dan instrumen yang diamplifikasi lainnya seperti organ Hammond, synthesizer, harmonika, dan bahkan vokal yang menggunakan kliping elektronik sinyal.
19. DRIVER: Driver adalah software yang menjembatani antara hardware dengan komputer. Misalnya kita ingin meng-connect modem kita dengan laptop. Harus ada driver khusus untuk menghubungkan modem agar modem tersebut bisa dibaca oleh laptop.
20. DUAL CORE: Dual Core ("Inti Ganda") adalah penggunaan dua buah inti (core) prosesor dalam sebuah kemasan prosesor konvensional. Dual core (inti prosesor) ditempatkan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap core ini tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clockspeed yang sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 inti prosesor tersebut.

Pengertian E-mail

E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.
Ethernet
Definisi: Ethernet adalah perangkat fisik teknologi dan data link layer untuk jaringan area lokal (LAN).Ethernet diciptakan oleh insinyur Robert Metcalfe. Pertama kali banyak digunakan pada tahun 1980, Ethernet mendukung kecepatan data teoritis maksimal 10 megabits per detik (Mbps). Kemudian, apa yang disebut “Fast Ethernet” standar laju data meningkat maksimum sampai 100 Mbps. Saat ini, teknologi Gigabit Ethernet lebih meluas dan kinerja puncaknya sampai dengan 1000 Mbps.

Flickr

 Flickr merupakan situs web untuk berbagi foto dan situs komunitas daring yang merupakan contoh dari aplikasi Web 2.0. Sebagai situs web yang populer untuk berbagi foto pribadi, layanan ini dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai tempat penyimpanan foto. Popularitasnya bertambah seiring peralatan komunitas online yang inovatif yang memperbolehkan foto-foto diberi tanda dan dicari secara folksonomi.

PENGERIAN JOYPAD/GAMEPAD



PENGERTIAN  :
GAMEPAD (JUGA DISEBUT JOYPAD ATAU PAD KONTROL), 
ADALAH JENIS GAMECONTROLLER 
YANG DIPEGANG DI TANGAN, DI MANA ANGKA (KHUSUSNYA JEMPOL) YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBERIKAN MASUKAN. GAMEPADS UMUMNYA FITUR SERANGKAIAN TINDAKAN
 TOMBOL DITANGANI DENGAN IBU JARI
 TANGAN KANAN DAN PENGONTROL ARAH DITANGANI 
DENGAN KIRICONTROLLER ARAH SECARA TRADISIONAL
 TELAH EMPAT-CARA DIGITAL SILANG (JUGA BERNAMA JOYPAD, 
ATAU ALTERNATIF D-PAD ), 
NAMUN PALING MODERN PENGENDALI TAMBAHAN 
(ATAU SEBAGAI PENGGANTI) FITUR SEBUAH STICK ANALOG .
FUNGSINYA   :
SAMA DENGAN JOYSTICK HANYA BENTUKNYA BERBEDA,
 MIRIP PAPAN KECIL YANG MEMILIKI PEGANGAN DAN DIATASNYA 
BANYAK TERDAPAT TOMBOL-TOMBOL. JUGA BISA BERFUNGSI SEBAGAI MOUSE.

PENGERTIAN SLOT EXPANSION

Slot expansi adalah tempat pada motherboard yang digunakan untuk card tambahan.PCI(Peripheral Component Interconnect) merupakan bus yang tidak tergantung pada prosesor dan bandwidth tinggi yang berfungsi sebagai bus peripheral. PCI memberikan system yang lebih baik bagi subsistem I/O berkecepatan tinggi. PCI dirancang untuk memenuhi kebutuhan I/O. PCI mulai diterapkan pada tahun 1990 berbasis Pentium oleh intel. Untuk PCI yang 2.0 adalah versi saat ini yang dimunculkan tahun 1993. Biasanya PCI itu digunakan lebih utama untuk mendukung bermacam-macam konfigurasi berbasis microprosesor. Untuk struktur bus umumnya PCI dapat dikonfigurasikan sebagai bus 32 bit atau 64 bit. Sedangkan setiap transfer data pada bus PCI merupakan transaksi yang terdiri dari fase alamat dan fase data. PCI juga memanfaatkan aturan-aturan sentral dan sinkron yang masternya memiliki request unik (REQ) dan signal grant (GNT).
Pengertian FAN - FAN adalah kipas pendingin didalam CPU atau seperangkat mother board.

PENGERTIAN FILE

Berkas komputer atau berkas (Inggris: file) adalah entitas dari data yang disimpan di dalam sistem berkas yang dapat diakses dan diatur oleh pengguna. Sebuah berkas memiliki nama yang unik dalam direktori di mana ia berada. Alamat direktori dimana suatu berkas ditempatkan diistilahkan dengan path.
Pengertian Ghost
Norton Ghost adalah salah satu utiliti untuk membackup dan restore data harddisk ke harddisk atau media lain.Ghost juga memiliki fitur kompatibel dengan hardware terbaru seperti kemampuan mengcopy pada SATA device serta tambahan untuk melakukan backup dan restore melalui networking (LAN).
Pengertian LCD Anti Glare Adalah - Sebuah layar komputer anti glare dirancang untuk mengurangi jumlah cahaya yang mencerminkan dari layar. Cahaya yang dipantulkan atau silau bisa sangat melelahkan bagi mata dan mengurangi kontras, warna dan ketajaman layar. Sebuah layar komputer anti-silau membuat tampilan layar lebih menyenangkan bagi kebanyakan orang, dan mengurangi kelelahan mata. jadi Anti Glare adalah layar LCD anti silau.
GUI adalah suatu media virtual yang dapat membuat pengguna memberikan perintah tertentu pada komputer tanpa mengetik perintah tersebut, namun menggunakan gambar yang tersedia. Pengguna tidak mengetikkan perintah seperti pada komputer dengan Shell atau teks. Dengan GUI, perintah dapat dikonversi menjadi ikon dalam layar monitor yang dapat diklik untuk memulai fungsinya. Sebagai contoh, tentu anda paham dengan sebuah ikon berbentuk kertas dengan huruf W diatasnya kan? Itu adalah ikon untuk menjalankan Microsoft Word, sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengetik. Atau anda pasti familiar dengan tombol di pojok kiri bawah, yakni tombol bertuliskan Start atau logo Windows itu. Segala sesuatu yang anda lihat di Komputer anda saat ini adalah GUI.

0 komentar:

Posting Komentar

Assalamu'alaikum, saudaraku seiman sebaiknya bila berkomentar memakai kalimat baku Bahasa Indonesia juga dengan sopan.